Sering Nyantap Daging Ayam.. Mau Tau Manfaatnya?

Daging ayam adalah salah satu diantara bermacam daging yang memiliki nilai gizi yang baik bagi kesehatan dan layak dikonsumsi oleh semua golongan umur dari bayi hingga orang tua lanjut usia. Daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi namun dengan kadar lemak dan kalori yang rendah yang membuatnya ideal untuk menjaga berat badan yang stabil. Disamping itu daging ayam memiliki nutrisi dan vitamin penting untuk kesehatan tubuh.

Lebih jauh, daging ayam sangat mudah untuk dimasak menjadi berbagai masakan yang baik dengan berbagai citarasa dan menu unik yang diinginkan. Berikut adalah 10 manfaat daging ayam untuk kesehatan:

1. Kandungan Protein yang Tinggi

Dengan kandungan protein yang tinggi namun rendah lemak, daging ayam sangat cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan otot. Disamping itu, daging ayam juga bermanfaat sebagai asupan daging untuk tubuh dan tidak menyebabkan kegemukan bagi banyak orang.

2. Sebagai Makanan Penghilang Stress

Daging ayam kaya akan asam amino yang disebut tryptophan. Zat yang satu ini dapat membantu menenangkan tubuh. Jika anda merasa depresi, mengkonsumsi daging ayam dapat membantu meningkatkan kadar serotonin di otak anda yang dapat meningkatkan mood yang baik, menghilangkan stres, dan membantu cepat tidur.

3. Mencegah Tulang Keropos

Kandungan protein yang tinggi pada ayam juga sangat bermanfaat untuk mencegah tulang keropos seperti osteoporosis atau arthritis terutama pada orang tua lanjut usia.

4. Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi daging ayam dapat menekan dan mengendalikan kadar homocysteine dalam tubuh manusia. Homocysteine ​​adalah zat asam amino yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular jika kadarnya terlalu tinggi di dalam tubuh.

5. Mengandung Kadar Fosfor yang Tinggi

Daging ayam juga kaya akan kandungan fosfor, mineral penting yang membantu pertumbuhan gigi dan tulang, serta ginjal, hati, dan fungsi sistem saraf pusat.

6. Mengandung Zat Selenium yang Tinggi

Daging ayam mengandung zat selenium yang tinggi. Zat ini berperan sebagai mineral penting yang mengatur proses metabolisme di dalam tubuh, seperti fungsi tiroid, fungsi keseimbangan produksi hormon dan fungsi kekebalan tubuh.

7. Memperlancar Metabolisme dalam Tubuh

Daging ayam mengandung vitamin B6 (atau vitamin B kompleks) yang berfungsi memperlancar produksi enzim dan reaksi seluler metabolisme (atau proses yang dikenal sebagai Methylation). Mengkonsumsi daging ayam dapat menyehatkan pembuluh darah, meningkatkan energi dan melancarkan proses metabolisme kalori dalam tubuh yang dapat mengontrol berat badan dengan stabil.

8. Kaya akan Niacin

Daging ayam juga kaya akan niasin, salah satu bentuk vitamin B komplex yang dapat menekan penyakit kanker dan kerusakan genetik (DNA) lainnya.

9. Mempromosikan Kesehatan Mata

Ayam tinggi retinol, alfa dan beta karoten, dan lycopene, semuanya berasal dari vitamin A, dan semuanya penting untuk penglihatan yang sehat.

10. Bermanfaat bagi Kesehatan Kulit

Disamping dagingnya, mengkonsumsi hati ayam juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dengan kandungan zat riboflavin (vitamin B2) nya. Zat ini berguna untuk memerangi kulit pecah-pecah yang sering terjadi pada bibir, mulut, lidah, atau kulit kering di daerah cuaca dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *