Makanan Pedas itu Berbahaya gak sih?

Makanan pedas sangat disukai banyak orang terutama di Indonesia. Makan makanan pedas dapat membantu mengobati gejala flu. Selain itu makanan pedas dapat menyebabkan badan kita mengeluarkan keringat sehingga racun-racun tubuh dapat dikeluarkan. Selain itu, Cabai mengandung antioksidan anti kanker yang dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Berikut beberapa manfaat Cabai pedas untuk tubuh kita:

Menurunkan Berat Badan

Cabai mengandung suatu zat yang bernama Capsaicin. Keringat yang keluar akibat makan makanan pedas adalah hasil dari kalori yang efektif terbakar di dalam tubuh. Makan makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme anda hingga 8 persen. Dengan mengkonsumsi makanan pedas anda diibaratkan berolah raga mengeluarkan keringat yang dapat menurunkan berat badan secara tidak langsung.

Mencegah Kanker

Beberapa makanan pedas memiliki potensi anti kanker. Dari penelitian laboratorium, Cabai mengandung curcumin antioksidan aktif yang efektif sebagai anti kanker. Penelitian oleh Mayo Clinic di Amerika Serikat telah menunjukkan hasil positif efek dari curcumin yang terkandung dalam Cabai tersebut. American Cancer Society juga menyatakan bahwa Capsaicin dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Menyehatkan Jantung

Capsaicin, bahan aktif yang ditemukan di cabe rawit dan cabai merah, dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi jantung. Menurut sebuah studi yang dipresentasikan di American Chemical Society, Capsaicin membantu menghancurkan dan mengurangi akumulasi kolesterol dalam tubuh. Para ilmuwan juga menyimpulkan bahwa Capsaicin dapat mengurangi penyempitan pembuluh pada arteri sehingga meningkatkan kelancaran aliran pembuluh darah.

Mengandung Gizi Tinggi

Penambahan Cabai segar ke makanan dapat membantu memenuhi asupan Vitamin dan Mineral yang diperlukan tubuh. Menurut Database Gizi Nasional Amerika Serikat USDA, Cabai mengandung berbagai Mineral penting dan Vitamin C yang tinggi. Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bermacam penyakit dan dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *